Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Ergonomi dan K3 menerima makalah penelitian dengan topik, namun tidak terbatas pada: antropometri, biomekanika, fisiologi, lingkungan kerja, ergonomi kognitif, ergonomi budaya, keselamatan dan kesehatan kerja Penulis diundang untuk mengirimkan artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak dipertimbangkan di tempat lain. Artikel yang telah diterima dan lolos akan diterbitkan pada edisi terbit terdekat.

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Praktik peer review adalah untuk memastikan bahwa hanya penelitian yang bagus yang dipublikasikan. Ini adalah proses objektif di jantung penerbitan ilmiah yang baik dan dilakukan oleh semua jurnal ilmiah terkemuka. Reviewer kami memainkan peran penting dalam mempertahankan Jurnal Ergonomi dan K3 dengan standar tinggi dan semua makalah melalui proses peer review mengikuti prosedur yang diuraikan di bawah ini.



Evaluasi Awal Makalah

Semua makalah yang dikirim dibaca dan dievaluasi oleh staf editorial. Pada kasus tertentu dimana hal ini jarang terjadi, makalah yang luar biasa dimungkinkan untuk diterima pada tahap ini. Makalah-makalah yang dievaluasi oleh editor yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal ditolak segera tanpa peninjauan eksternal (meskipun keputusan ini mungkin didasarkan pada saran informal dari spesialis di lapangan). Makalah yang ditolak pada tahap ini biasanya karena tidak cukup asli, memiliki kelemahan ilmiah yang serius, memiliki tata bahasa yang buruk, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup jurnal. Makalah yang memenuhi kriteria minimum dan dinilai berpotensi menarik bagi pembaca akan dikirim untuk tinjauan formal ke peninjau ganda atau lebih jika nasihat khusus diperlukan (misalnya pada statistik atau teknik tertentu). Para editor kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi pengkaji dari beberapa kemungkinan:



  • Terima : diterima dengan atau tanpa revisi editorial


  • Revisi : pemeritahuan kepada penulis untuk merevisi makalah mereka untuk mengatasi masalah spesifik sebelum keputusan akhir


  • Tolak : ditolak dengan catatan bahwa revisi lebih lanjut mungkin akan memberi peluang pengiriman ulang


  • Tolak langsung : pertimbangan atas dasar minat spesialis, kurangnya kebaruan, kemajuan konseptual yang tidak memadai atau masalah teknis dan/atau interpretasi utama




Tipe Proses Review

Jurnal Ergonomi dan K3 menggunakan tipe proses review single blind review, di mana reviewer anonim dan penulis diketahui sepanjang proses.



Pemilihan Reviewer

Kapan saja memungkinkan, reviewer dicocokkan dengan makalah sesuai dengan keahlian mereka dan database kami terus diperbarui.



Laporan Reviewer
Reviewer diminta untuk mengevaluasi:

  • Apakah makalah asli

  • Apakah metodologis yang digunakan benar secara ilmiah

  • Apakah makalah mengikuti pedoman etika yang tepat

  • Apakah makalah memiliki hasil yang disajikan dengan jelas mendukung kesimpulan

  • Apakah makalah secara tepat merujuk pada pekerjaan yang relevan sebelumnya


Koreksi bahasa bukan bagian dari proses peer review, tetapi reviewer dapat, jika diinginkan, menyarankan koreksi pada makalah.



Berapa lama proses peninjauan berlangsung?

Waktu yang diperlukan untuk proses peninjauan tergantung pada respon reviewer. Jika laporan reviewer bertentangan satu sama lain atau laporan tidak perlu ditunda, pendapat ahli lebih lanjut akan dicari. Dalam kasus yang jarang terjadi di mana sangat sulit untuk menemukan reviewer kedua untuk meninjau ulang makalah, atau ketika laporan seorang reviewer sepenuhnya meyakinkan Editor, keputusan pada tahap ini untuk menerima, menolak atau meminta penulis untuk revisi dibuat pada berdasarkan hanya satu laporan reviewer. Keputusan Editor akan dikirim kepada penulis dengan rekomendasi yang dibuat oleh reviewer, yang biasanya mencakup komentar kata demi kata oleh reviewer. Makalah yang direvisi dapat dikembalikan ke reviewer awal yang kemudian dapat meminta revisi makalah lainnya.

Ketika para reviewer setuju untuk menilai makalah, kami menganggap ini sebagai komitmen untuk meninjau revisi selanjutnya. Namun, editor tidak akan mengirim kembali makalah ke reviewer jika penulis belum melakukan upaya serius untuk mengatasi kritik dan merevisi makalahnya. Kami menanggapi kritik reviewer dengan serius; khususnya, kami sangat enggan untuk mengabaikan kritik teknis. Dalam kasus di mana satu reviewer saja menentang publikasi, kami dapat berkonsultasi dengan reviewer lain mengenai apakah dia menerapkan standar yang terlalu kritis. Kami sesekali membawa reviewer tambahan untuk menyelesaikan perselisihan, tetapi kami lebih memilih untuk tidak melakukannya kecuali jika ada masalah khusus, misalnya masalah teknis khusus, yang menurut kami memerlukan saran lebih lanjut.



Proses Peninjauan

  1. Penulis menyerahkan makalah

  2. Evaluasi Editor (beberapa makalah ditolak atau dikembalikan sebelum proses peninjauan)

  3. Proses peer-review single-blind

  4. Keputusan Editor

  5. Konfirmasi kepada penulis



Pemimpin Redaksi Jurnal Ergonomi dan K3 memiliki hak untuk memutuskan makalah mana yang diserahkan ke jurnal yang akan diterbitkan.



Laporan akhir

Keputusan akhir untuk menerima atau menolak makalah akan dikirimkan kepada penulis bersama dengan rekomendasi yang dibuat oleh reviewer, dan dapat mencakup komentar kata demi kata oleh reviewer.



Keputusan Editor

Keputusan editor bersifat final. Reviewer dapat menyarankan editor namun yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak makalah. Keputusan editorial bukan masalah penghitungan suara atau penilaian peringkat numerik, dan kami tidak selalu mengikuti rekomendasi mayoritas. Kami mencoba untuk mengevaluasi kekuatan argumen yang diajukan oleh masing-masing reviewer dan oleh penulis, dan kami juga dapat mempertimbangkan informasi lain yang tidak tersedia untuk salah satu pihak. Tanggung jawab utama kami adalah untuk pembaca kami dan komunitas ilmiah pada umumnya, dan dalam memutuskan cara terbaik untuk melayani mereka, kami harus mempertimbangkan klaim masing-masing makalah terhadap banyak pihak.

Reviewer dipersilahkan untuk merekomendasikan tindakan tertentu, tetapi mereka harus mengingat bahwa reviewer lain dari makalah tertentu mungkin memiliki keahlian dan / atau pandangan teknis yang berbeda, dan editor mungkin harus membuat keputusan berdasarkan saran yang bertentangan. Langkah yang paling tepat ialah menyediakan informasi mengenai dasar pengambilan keputusan kepada editor.

Kami dapat kembali ke reviewer untuk saran lebih lanjut, terutama dalam kasus di mana mereka tidak setuju satu sama lain, atau di mana penulis percaya mereka telah disalah pahami tentang poin fakta. Oleh karena itu kami meminta reviewer harus bersedia memberikan saran tindak lanjut seperti yang diminta. Namun, kami sangat sadar bahwa reviewer biasanya enggan terlibat dalam perselisihan yang berkepanjangan, jadi kami mencoba untuk terus berkonsultasi seminimal mungkin yang kami anggap perlu untuk memberikan audiensi yang adil bagi para penulis.



Menjadi Reviewer Jurnal Ergonomi dan K3

Jika saat ini Anda ingin menjadi reviewer jurnal Ergonomi dan K3, silakan menghubungi editor. Manfaat dari menjadi reviewer kami ialah untuk memperoleh kesempatan untuk membaca, melihat, dan mengevaluasi karya terbaru di area penelitian ergonomi dan K3 pada tahap awal, dan untuk berkontribusi pada integritas keseluruhan penelitian ilmiah dan dokumentasi yang diterbitkan. Anda juga dapat mengutip pekerjaan Anda untuk Jurnal Ergonomi dan K3 sebagai bagian dari persyaratan pengembangan profesional Anda untuk berbagai Lembaga dan Organisasi Profesional.

 

Pernyataan Etika Publikasi dan Malpraktik

Etika Publikasi Ilmiah Jurnal Ergonomi dan K3

Jurnal Ergonomi dan K3 merupakan salah satu jurnal nasional elektronik peer-review yang dikelola oleh Kelompok Keahlian Ergonomi, Rekayasa Kerja, dan Keselamatan Kerja (ERK3) dan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) yang terbit pertama kali pada tahun 2016. Jurnal Ergonomi dan K3 merupakan jurnal ilmiah yang terbit secara on-line dan menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil penelitian dalam bidang ergonomi dan K3.
Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, peninjau, penulis, mitrabestari dan penerbit. Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.



Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi sebuah makalah dalam jurnal peer-reviewed Ergonomi dan K3 merupakan bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel peer-reviewed mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit, dan masyarakat.

Kelompok Keahlian Ergonomi, Rekayasa Kerja, dan Keselamatan Kerja (ERK3) dan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) sebagai penerbit Jurnal Ergonomi dan K3 menjalankan tugasnya sebagai penanggungjawab seluruh tahapan penerbitan dengan sangat serius dan kami menyadari tanggung jawab etis dan tanggung jawab lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau memengaruhi keputusan editorial. Selain itu, Kelompok Keahlian Ergonomi, Rekayasa Kerja, dan Keselamatan Kerja (ERK3) dan Dewan Editorial akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan / atau penerbit lain jika berguna dan diperlukan.



Tugas Editor

Keputusan Publikasi
Editor Jurnal Ergonomi dan K3 bertanggung jawab untuk memutuskan mana dari makalah yang diserahkan ke jurnal yang layak dipublikasikan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau reviewer lain dalam membuat keputusan ini.

Fair Play
Editor mengevaluasi makalah untuk konten intelektual mereka dengan berlandaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan tanpa membedakan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik dari penulis.

Kerahasiaan
Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang makalah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan
Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam makalah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Peninjau
Kontribusi terhadap Keputusan Editorial
Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas makalah.

Kecepatan (Promptness)
Setiap referee terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah makalah atau mengetahui bahwa peninjauan yang cepat tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu editor dan meminta diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan
Setiap makalah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Seluruh makalah tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas
Tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak diperkenankan. Referee harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber
Peninjau harus mengidentifikasi karya relevan yang diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen yang telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor mengenai kesamaan substansial atau tumpang tindih antara makalah yang sedang dipertimbangkan dan setiap makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan
Informasi atau ide khusus yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan makalah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.

Tugas Penulis
Standar Pelaporan
Penulis penelitian harus menyajikan laporan yang akurat tentang penelitian yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansi penelitian. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di makalah. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau pernyataan yang secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan Retensi Data
Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk memberikan akses publik ke data tersebut (konsisten dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Basis Data), jika dapat dilakukan, dan harus dalam keadaan apa pun siap untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme
Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, hal tersebut telah dikutip dengan tepat.

Publikasi Berganda, Redundan atau Bersamaan
Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan makalah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan makalah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber
Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dihasilkan.

Kepenulisan Makalah
Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai co-authors. Ketika ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa keterangan ada atau tidaknya co-authors dituliskan pada makalah, dan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan
Jika penelitian melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi ini dalam makalah.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan
Semua penulis harus mengungkapkan dalam makalah mereka setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi dari makalah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk penelitian harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar Dalam Karya yang Dipublikasikan
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah.

Tugas Mitrabestari


  • Mitrabestari Jurnal Ergonomi dan K3 membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap makalah-makalah yang masuk


  • Mitrabestari Jurnal Ergonomi dan K3 bertanggungjawab terhadap rekomendasi makalah yang ditelaahnya.


  • Telaah makalah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.


  • Mitrabestari Jurnal Ergonomi dan K3 bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas makalah yang ditelaahnya.


  • Mitrabestari Jurnal Ergonomi dan K3 harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari makalah yang ditelaahnya untuk keuntungan atau kepentingan pribadi.




Tugas Penerbit

  • Penerbit Jurnal Ergonomi dan K3 bertanggungjawab menerbitkan makalah yang setelah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah.


  • Penerbit Jurnal Ergonomi dan K3 bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitrabestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.


  • Penerbit Ergonomi dan K3 bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.



  • ------------------------------
    Ari Widyanti, ST., MT., PhD.
    (Institut Teknologi Bandung)
    Ketua Dewan Redaksi Jurnal Ergonomi dan K3

     

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Frekuensi Publikasi

Jurnal Ergonomi dan K3 merupakan jurnal yang mempublikasikan topik, namun tidak terbatas pada antropometri, biomekanika, fisiologi, lingkungan kerja, ergonomi kognitif, ergonomi budaya, serta keselamatan dan kesehatan kerja. Jurnal Ergonomi dan K3 diterbikan dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Maret dan September.

 

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi.

 

Biaya Pemrosesan Makalah

Jurnal Ergonomi dan K3 tidak membebankan biaya pemrosesan dan pengumpulan makalah.

 

Tentang Hak Cipta

FORMULIR HAK CIPTA DAN PERSETUJUAN JURNAL ERGONOMI DAN K3

Untuk memastikan keseragaman perlakuan di antara semua kontributor, formulir lain tidak dapat menggantikan formulir ini dan kata-kata pada formulir ini tidak dapat diubah. Formulir ini dimaksudkan untuk materi asli yang diserahkan ke Jurnal Ergonomi dan K3 dan selurh hal yang menyertai setiap materi tersebut untuk dipublikasikan pada Jurnal Ergonomi dan K3. Harap membaca formulir dengan hati-hati dan menyimpan salinannya untuk Anda.



Judul Makalah :


Nama Penulis :


TRANSFER HAK CIPTA

  1. Yang bertanda tangan di bawah ini memberikan hak di bawah hak cipta kepada Jurnal Ergonomi dan K3 yang mungkin ada di dan untuk: (a) karya di atas, termasuk setiap karya turunan yang direvisi atau diperluas yang diserahkan kepada Jurnal Ergonomi dan K3 oleh yang bertanda tangan di bawah ini berdasarkan karya; dan (b) komponen tertulis atau multimedia yang berkaitan atau perangkat tambahan lain yang menyertai karya.




PERSETUJUAN DAN PERS


  1. Dengan ini memberi Jurnal Ergonomi dan K3, izin tanpa batas, di seluruh dunia, yang tidak dapat dibatalkan untuk menggunakan, mendistribusikan, menerbitkan, melisensikan, memamerkan, merekam, mendigitalkan, menyiarkan, mereproduksi dan mengarsipkan, dalam format atau media apa pun.


  2. Sehubungan dengan izin yang diberikan pada poin pertama, yang bertanda tangan di bawah ini memberikan Jurnal Ergonomi dan K3 hak yang tidak terbatas, di seluruh dunia, tidak dapat dibatalkan, untuk menggunakan nama, gambar, rupa, suara, dan informasi biografi sebagai bagian dari iklan, distribusi, dan penjualan produk yang menggabungkan karya atau presentasi, dan merilis Jurnal Ergonomi dan K3 dari klaim apapun berdasarkan hak privasi atau publisitas.


  3. Yang bertanda tangan di bawah ini menjamin bahwa karya adalah asli dan yang bertanda tangan adalah penulis materi pada karya. Sejauh materi menggabungkan bagian teks, angka, data, atau bahan lain dari karya orang lain, yang bertanda tangan di bawah ini telah memperoleh izin yang diperlukan. Bila perlu, yang bertanda tangan di bawah ini telah memperoleh semua izin dan persetujuan pihak ketiga untuk memberikan lisensi di atas dan telah memberikan salinan izin dan persetujuan tersebut kepada Jurnal Ergonomi dan K3.


  4. Makalah/artikel/laporan belum dipublikasikan di jurnal lain.





KETENTUAN UMUM


  • Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa dia memiliki kekuasaan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.


  • Dalam hal karya di atas tidak diterima dan diterbitkan oleh Jurnal Ergonomi dan K3 atau ditarik oleh penulis sebelum diterima oleh Jurnal Ergonomi dan K3, transfer hak cipta di atas akan dibatalkan dan semua bahan yang berkaitan dengan karya yang diserahkan ke Jurnal Ergonomi dan K3 akan dihapuskan.


  • Untuk karya yang ditulis bersama, semua penulis harus menandatangani, atau salah satu penulis harus menandatangani sebagai perwakilan resmi untuk penulis lainnya.





Penulis/Perwakilan Resmi untuk Penulis Bersama




FORMULIR HAK CIPTA DAN PERSETUJUAN JURNAL ERGONOMI DAN K3

HAK/KETENTUAN DAN KONDISI YANG DITENTUKAN KEMBALI

Umum

  1. Penulis/atasan memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam karya.


  2. Penulis/atasan dapat mereproduksi atau memberi wewenang kepada orang lain untuk mereproduksi karya, materi yang diekstraksi secara verbatim dari karya, atau karya turunan untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan organisasi, dengan ketentuan bahwa pemberitahuan hak cipta sumber dan Jurnal Ergonomi dan K3 ditunjukkan, salinan tidak digunakan dengan cara apapun yang menyiratkan pengiklanan suatu produk atau layanan dari Jurnal Ergonomi dan K3 untuk atasan, dan salinan itu sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.


  3. Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya. Kantor Hak Kekayaan Intelektual Jurnal Ergonomi dan K3 harus menangani semua permintaan pihak ketiga tersebut.




INFORMASI UNTUK PENULIS



Kewajiban Penulis
Jurnal Ergonomi dan K3 mendistribusikan publikasi teknisnya ke seluruh dunia dan ingin memastikan bahwa materi yang diserahkan ke terbitannya tersedia dengan baik bagi pembaca publikasi tersebut. Ini adalah tanggung jawab penulis, bukan Jurnal Ergonomi dan K3, untuk menentukan apakah publikasi materi mereka memerlukan persetujuan terlebih dahulu dari pihak lain dan, jika demikian, penulis yang wajib mendapatkannya. Pernyataan dan pendapat yang diberikan dalam karya yang diterbitkan oleh Jurnal Ergonomi dan K3 adalah ekspresi dari penulis.

Hak Penulis/Atasan
Jika Anda dipekerjakan dan menyiapkan karya seseorang yang ada dalam lingkup pekerjaan Anda, hak cipta dalam karya tersebut menjadi milik atasan Anda. Dalam hal ini, Jurnal Ergonomi dan K3 mengasumsikan bahwa ketika Anda menandatangani formulir ini, Anda berwenang untuk melakukannya dan bahwa atasan Anda telah menyetujui pengalihan hak cipta, ke perwakilan dan garansi hak publikasi, dan untuk semua syarat dan ketentuan lain dari formulir ini. Jika otorisasi dan persetujuan tersebut belum diberikan kepada Anda, perwakilan resmi dari atasan Anda harus menandatangani formulir ini sebagai penulis.

Kepemilikan Hak Cipta Jurnal Ergonomi dan K3
Ini adalah kebijakan formal Jurnal Ergonomi dan K3 untuk memiliki hak cipta atas semua materi berhak cipta dalam publikasi teknis dan untuk kontribusi individu yang terkandung di dalamnya, untuk melindungi kepentingan Jurnal Ergonomi dan K3, penulis dan atasannya, dan, pada saat yang sama, untuk memfasilitasi penggunaan kembali yang sesuai atas materi ini oleh orang lain. Jurnal Ergonomi dan K3 mendistribusikan publikasi teknisnya ke seluruh dunia dan melakukannya dengan berbagai cara seperti hardcopy, microfiche, mikrofilm, dan media elektronik. Ini juga abstrak dan dapat menerjemahkan publikasi, dan artikel yang terkandung di dalamnya, untuk dimasukkan dalam berbagai ringkasan, karya kolektif, database dan publikasi serupa.



Formulir berkaitan dengan hak cipta harus disertakan saat penyerahan naskah penulis. Template formulir hak cipta dapat diunduh pada link berikut.

Formulir Hak Cipta Jurnal Ergonomi dan K3