Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Ergonomi dan K3?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

1. Standar Pelaporan
Penulis harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat pada makalah. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima. Artikel publikasi profesional juga harus akurat dan objektif, dan karya editorial 'opini' harus diidentifikasi dengan jelas.

2. Eksklusivitas Kerja
Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, ini harus dikutip dengan tepat. Plagiarisme memiliki banyak bentuk, mulai dari 'melewati' makalah lain sebagai makalah penulis sendiri hingga menyalin atau memparafrasekan sebagian besar makalah lain (tanpa atribusi), hingga mengklaim hasil dari penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Plagiarisme dalam segala bentuknya merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan makalah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan makalah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Secara umum, penulis tidak boleh menyerahkan untuk jurnal lain makalah yang diterbitkan sebelumnya untuk dipertimbangkan. Kami mempertimbangkan makalah konferensi untuk dipublikasikan jika hanya makalah merupakan versi diperpanjang dari makalah konferensi dengan setidaknya 30% dari materi baru.

3. Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan
Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi ini dalam makalah. Jika pekerjaan melibatkan penggunaan hewan atau subyek manusia, penulis harus memastikan bahwa makalah berisi pernyataan bahwa semua prosedur dilakukan sesuai dengan hukum dan pedoman kelembagaan yang relevan dan bahwa komite kelembagaan yang tepat telah menyetujui mereka. Penulis harus memasukkan pernyataan dalam makalah bahwa persetujuan diperoleh untuk eksperimen dengan subyek manusia. Hak privasi subyek manusia harus selalu diperhatikan.

4. Kepenulisan Makalah dan Hak Cipta
Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari karya yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Sementara mereka yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak pantas dimasukkan dalam makalah, dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final dari makalah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi. Tidak ada makalah yang dapat diterbitkan kecuali disertai dengan perjanjian publikasi yang ditandatangani, yang berfungsi sebagai transfer hak cipta dari penulis ke penerbit. Salinan perjanjian itu diperlukan setelah makalah diterima.

5. Pengakuan
Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan. Informasi yang diperoleh secara pribadi, seperti dalam percakapan, korespondensi atau diskusi dengan pihak ketiga, tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa izin tertulis eksplisit dari sumbernya. Informasi yang diperoleh dalam perjalanan layanan rahasia, seperti manuskrip refereeing atau aplikasi hibah, tidak boleh digunakan tanpa izin tertulis dari penulis karya yang terlibat dalam layanan ini.

6. Persyaratan Pengungkapan
Penulis ketika mengirimkan makalah, harus mengungkapkan afiliasi atau keterlibatan yang bermakna, baik langsung maupun tidak langsung, dengan organisasi atau entitas apa pun dengan kepentingan keuangan langsung dalam materi atau materi yang dibahas (misalnya, pekerjaan, konsultan, kepemilikan saham, hibah, paten) diterima atau ditangguhkan, royalti, honorarium, kesaksian ahli). Keterlibatan keuangan semacam ini cukup umum, tidak terhindarkan, dan umumnya bukan merupakan dasar untuk menolak makalah. Spesifikasi pengungkapan akan tetap dirahasiakan. Jika dianggap tepat oleh Editor Ilmiah, pernyataan umum tentang pengungkapan akan dimasukkan dalam bagian pengakuan makalah.

7. Kesalahan dalam Karya yang Diterbitkan
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah. Jika editor atau penerbit mengetahui dari pihak ketiga bahwa sebuah karya yang diterbitkan mengandung kesalahan yang signifikan, adalah kewajiban penulis untuk segera menarik kembali atau memperbaiki makalah atau memberikan bukti kepada editor tentang kebenaran makalah asli.

8. Penafian
Pendapat yang diungkapkan dalam artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Ergonomi dan K3 adalah milik penulis dan tidak mewakili pendapat Institut Teknologi Bandung (ITB) maupun Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI). Jurnal Ergonomi dan K3 tidak menjamin kepantasan untuk tujuan apa pun dari metode, produk, proses, atau perangkat yang dijelaskan atau diidentifikasi dalam makalah. Nama dagang, ketika digunakan, hanya untuk identifikasi dan bukan merupakan dukungan oleh Jurnal Ergonomi dan K3.

9. Persiapan Makalah
Makalah dalam format MS Word harus diserahkan secara online melalui jurnalergonomik3.ti.itb.ac.id/index.php/ergonomik3/index.Panjang makalah diharapkan tidak melebihi 10 halaman dengan format A4- single-sided papers. Makalah tidak perlu diberi penomoran halaman. Makalah dapat dituliskan dalam B.Indonesia maupun dalam B. Inggris.Halaman judul harus menyertakan judul yang spesifik, pengarang dan abstrak sekitar 200 kata pada awal makalah. Afiliasi, alamat, telpon dan nomor fax ataupun alamat e-mail harus diberikan di bawah nama pengarang.Penulisan Judul dengan menggunakan Times New Roman 14pt, detail penulis adalah 11pt Times New Roman, isi artikel menggunakan Times New Roman 10pt. Untuk makalah dalam B. Indonesia, abstrak harus dituliskan dalam B. Indonesia dan B. Inggris. Sebelum menulis, mohon margin makalah anda disesuaikan dengan margin dari template ini, yaitu dengan melihat page setup dari template yang telah kami berikan. Dalam penulisan referensi, disarankan menggunakan reference tools Mendeley atau Zotero.


Template untuk penulisan Jurnal Ergonomi dan K3 dapat diunduh pada lin berikut.


Template Penulisan Jurnal Ergonomi dan K3

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.