RANCANGAN PERBAIKAN KURSI KERJA OPERATOR PADA BAGIAN PENJAHITAN AIRBAG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI DAN SOFTWARE CATIA V5R19

Syarifuddin Nasution, Nanih Suhartini, Aditya Wahyu Nugroho

Sari


Manusia dalam melakukan aktivitas kerja terkadang membutuhkan alat atau fasilitas yang dapat mempermudah dalam melakukan setiap kegiatan maupun pekerjaannya. Permasalahannya adalah beberapa operator sering mengeluhkan kondisi fisik pada saat melakukan pekerjaan disebabkan kursi kerja yang mereka gunakan tidak sesuai dengan dimensi tubuh operator, yang pada akhirnya memengaruhi produktivitas/kinerja operator. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi keluhan rasa sakit yang timbul pada bagian tubuh operator kerja bagian penjahitan, menentukan dimensi tubuh operator kerja penjahitan yang digunakan untuk usulan perbaikan kursi kerja, dan usulan perbaikan kursi kerja yang didapatkan dari hasil pengamatan kursi kerja sebelumnya. Pendekatan antropometri, kuisioner nordic body map, dan Catia V5R19 digunakan untuk perbaikan kursi kerja operator penjahitan tersebut. Terdapat beberapa pekerja mengeluh adanya rasa sakit pada bagian leher, lengan atas, bagian tangan, serta bagian kaki kanan yang berkaitan dengan sendi terasa nyeri. Perbaikan kursi kerja berdasarkan data antropometri adalah dimensi tinggi popliteal untuk tinggi kaki kursi kerja adalah 45 cm, dimensi pantat popliteal untuk panjang alas kursi kerja adalah 52 cm, dimensi lebar pinggul untuk lebar alas kursi kerja adalah 34 cm, dimensi tinggi bahu posisi duduk untuk tinggi sandaran kursi kerja adalah 60 cm, dimensi lebar bahu untuk lebar sandaran kursi kerja adalah 48 cm, dimensi tinggi siku duduk untuk tinggi penyangga tangan adalah 24 cm. Usulan perbaikan kursi kerja berdasarkan hasil pengamatan kursi kerja sebelumnya adalah adanya sandaran punggung, bantalan leher, penyangga tangan, serta pemakaian bahan tambahan seperti busa supaya lebih lunak yang itu semua dibuat untuk mengurangi resiko keluhan-keluhan fisik pada operator pada saat melakukan pekerjaan penjahitan airbag.

Kata kunci: Kursi kerja, nordic body map, antropometri, Catia V5R19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Wignjosoebroto, Ergonomi, studi gerak, dan waktu. Surabaya: Guna Widya, 2003.

E. Nurmianto, Ergonomi konsep dasar dan aplikasi, edisi kedua. Surabaya: Guna Widya, 2004.

I. Z. Sutalaksana, Teknik tata cara kerja. Bandung: Labolatorium Tata Cara Kerja & Ergonomi, Departemen Teknik Industri ITB, 2006.

M. D. Pinem, CATIA si jago desain tiga dimensi. Jakarta: Kawah Media, 2009.

M. I. Hasan, Pokok-pokok materi statistik 1. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614/j.ergo.2019.4.2.3

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.