USULAN PERANCANGAN KABIN MASINIS KRL COMMUTER LINE YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN MODEL VIRTUAL ENVIROMENT
DOI:
https://doi.org/10.5614/j.ergo.2019.4.2.4Abstract
Ketidakergonomisan ruang kemudi Kereta Rel Listrik (KRL) dapat menyebabkan seorang masinis terkena Work Related Musculoskeletal Disorder (WMSDs) yang berdampak pada berkurangnya kemampuan konsentrasi saat mengoperasikan KRL yang cenderung statis. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan usulan desain ruangan kemudi terbaik, baik dari ukuran kursi dan kabin serta penempatan instrumen pengontrol dan layar pemantau yang dapat mengakomodasi postur kerja masinis agar terhindar dari WMSDs. Penelitian dilakukan dengan menganalisis risiko postur pengemudi dengan metode Quick Exposure Check (QEC) dan nilai Rapid Upper Limb Assessment (RULA) melalui pengujian Virtual Environment terhadap desain aktual dan desain usulan menggunakan konfigurasi Virtual Human Modelling dari data antropometri masinis yang telah diperoleh. Hasil yang terbaik merupakan desain yang memberikan nilai RULA terendah. Kata kunci: Ergonomi, antropometri, quick exposure check, rapid upper limb assessment, model virtual environmentReferences
E. Garandjean, Fitting the task to the man: A textbook of occupational ergonomics, 4th edition. London: Taylor & Francis, April 1988.
S. Pheasant, Ergonomics, work and health. London: Macmillan academic and profesional LTD, 1991.
A. Hedge, Anthropometry and workspace design. New York: Cornell University, 2009.
C. P. Paramita, “Perancangan kursi masinis yang ergonomis pada KRL commuter Jabodetabek dengan menggunakan human modeling, Skripsi Teknik Industri Universitas Indonesia,” 2012, tidak dipublikasikan.
UIC Code 2009, Driver machine interfaces for EMU/DMU, locomotives and driving coaches - functional and system
requirements assiciated with harmonised driver machine interfaces, 1st editon, German. International Union of Railway, 2009.
Downloads
Published
2019-09-08
How to Cite
Erlangga, D., & Nurfajriah, N. (2019). USULAN PERANCANGAN KABIN MASINIS KRL COMMUTER LINE YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN MODEL VIRTUAL ENVIROMENT. Ergonomi Dan K3, 4(2), 25–32. https://doi.org/10.5614/j.ergo.2019.4.2.4
Issue
Section
Articles