Evaluasi Desain Interface Meja Pelayanan Pengatur Perjalanan Kereta Api Jenis Visual Display Unit (VDU)

Herlina Nurtjahyo

Sari


Tingginya jumlah penumpang membuat PT KAI menambah armada kereta api di Indonesia sehingga meningkatnya kepadatan lalu lintas perkeretaapian. Kepadatan lalu lintas perkeretaapian berpengaruh terhadap pekerjaan pengatur perjalanan kereta api yang menggunakan meja pelayanan sebagai alat utama pelayanan kereta api. Kedepannya meja pelayanan jenis Visual Display Unit akan digunakan untuk menggantikan meja pelayanan yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah interface meja pelayanan jenis Visual Display Unit telah memenuhi standar ergonomi. Kriteria evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah efectiveness, efficiency, learnability dan juga satisfaction. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Hierarchy Task Analysis, performance measurement, System Usability Scale, USE Questionairre, and Restrospective Think Aloud. Hasil penelitian menghasilkan usulan pengembangan interface meja pelayanan jenis Visual Display Unit untuk memenuhi standar ergonomi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bangour, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Score Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 114-123.

Lund, A. (2001). Measuring Usability with the USE Questionairre. STC Usability, SIG Newsletter, 8:2.

McCormick, E. J., & Sanders, M. S. (1993). Human Factors in Engineering and Design. New York: McGraw-Hill.

Newell, A., & Card, S. K. (1985). The Prospects for Psychological Science in Human Computer Interaction. Human Computer Interaction, 209-242.

PT KAI (Persero). (2014). Annual Report Tahun 2014. Bandung: PT KAI (Persero).

PT Kereta Api Indonesia (Persero). (2015). Annual Report 2014. Bandung: PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Pylyshyn, Z. (1989). The Role of Location Indexes in Spatial Perception: A Sketch of the FINST Spatial-Index Model. A Model of Spatial Indexing.

Sauro, J., & Lewis, J. R. (2012). Quantifying The User Experience. Waltham: Elsevier Inc.

Simon, H. A., & Kaplan, C. A. (1989). Foundations of Cognitive Science. Cambridge:

Foundation of Cognitive Science, MIT Press.

Stanton, N. A. (2002). Error by Design: Methods for Predicting Device Usability. Design Studies.

Tullis, T., & Albert, B. (2013). Measuring the user experience. Waltham: Elsevier Inc.

Zaphiris, P., & Kurniawan, S. (2007). Usability Evaluation, chapter 1-. Human Computer Interaction Research in Web Desing and Evaluation.