Pengukuran Tingkat Konsentrasi Para Peserta Didik Untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Pendidikan di Institusi Pendidikan Kemiliteran ‘X’

Herman R Soetisna, Devi Tania

Sari


Dalam melakukan aktivitasnya, manusia kerap kali mengalami kelelahan baik fisik maupun mental. Fenomena kelelahan ini ditemukan pula pada lingkungan militer, termasuk pada sebuah institusi pendidikan kemiliteran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan peta tingkat konsentrasi peserta didik dalam melakukan aktivitasnya dan inventarisasi faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya. Sejumlah 54 peserta didik pada sebuah institusi pendidikan kemiliteran berpartisipasi dalam penelitian ini. Responden berasal dari tiga tingkat (angkatan) dan lima departemen yang berbeda. Tingkat konsentrasi per jam aktivitas (pk 05.00 s.d. 22.00 WIB) diukur dari hari Senin s.d. Jumat menggunakan perangkat lunak yang khusus dibuat untuk penelitian ini. Variabel yang diteliti adalah Reaction Time for Correct Answer (RTCA) yaitu jumlah waktu reaksi dalam menjawab dengan benar dibagi dengan jumlah jawaban benar. Aktivitas per jam juga dicatat untuk melihat bagaimana nilai RTCA berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RTCA pada hari Selasa lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Pada pembandingan rata-rata RTCA antar-angkatan dapat disimpulkan bahwa RTCA rata-rata tingkat II dan III lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan tingkat IV, tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat II dan III. Pada pembandingan RTCA rata-rata berdasarkan departemen, ditemukan bahwa RTCA rata-rata Departemen 1 lebih rendah secara signifikan daripada Departemen 2,3, dan 5, dan RTCA rata-rata Departemen 2 lebih tinggi secara signifikan daripada Departemen 3,4, dan 5, tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Departemen 1 dan 4, 3 dan 4, 3 dan 5, serta 4 dan 5. Implikasi dari hasil penelitian dibahas dalam bagian diskusi.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.5614/j.ergo.2016.1.1.2

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.