Pengembangan Kemasan Makanan untuk Menghasilkan User Experience yang Positif: Studi Kasus pada Salah Satu UMKM Makanan di Kota Bandung

Yansen Theopilus, Kristiana Asih Damayanti, Thedy Yogasara, Paulina Kus Ariningsih

Sari


Salah satu produk kebutuhan manusia yang paling mendasar adalah makanan. Banyaknya bisnis makanan di indonesia membuat para pelaku usaha perlu meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing. Selain rasa dan tampilan makanan, kemasan makanan juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting ketika seseorang memilih makanan yang akan dikonsumsi. Kemasan yang menghasilkan pengalaman yang positif bagi konsumen menjadi daya tarik bagi produk untuk terus dikonsumsi oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan metode dan pertimbangan yang perlu dilakukan untuk menghasilkan kemasan makanan untuk menghasilkan pengalaman positif bagi konsumen. Penelitian ini juga mengaplikasikan pengembangan kemasan kepada salah satu UMKM binaan KADIN di Kota Bandung yang bergerak di bidang catering makanan dan restoran. Aplikasi pengembangan kemasan tersebut menghasilkan kemasan makanan yang sederhana namun menghasilkan pengalaman yang menyenangkan (fun) bagi konsumen. Hasil evaluasi rancangan kemasan dengan metode observasi dan wawancara membuktikan bahwa rancangan kemasan menghasilkan pengalaman positif bagi konsumen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemenperin. 2018. Analisis Perkembangan Industri Edisi II Tahun 2018. Jakarta: Pusdatin Kemenperin.

Knight, A. J., Worosz, M. R., & Todd, E. C. D. 2015. Serving food safety: Consumer perceptions of food safety at restaurants. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol 19(6), 476-484.

Kim, I. J. 2015. Safety and Health Practices in the Food Industry and Ergonomic Interventions. Journal of Ergonomics. Vol 6(1), 1000e146.

[ Abdullah, F., Abdurahman, A. Z. A., & Hamali, J. 2011. Managing Customer Preference for the Foodservice Industry. International Journal of Innovation, Management and Technology. Vol 2(6), 525-533.

Hanaysha, J. 2016. Testing The Effects of Food Quality, Price Fairness, and Physical Environment On Customer Satisfaction in Fast Food Restaurant Industry. Asian Economic and Social Society. Vol 6(2), 31-40.

Schifferstein, H. N. J. 2016. What design can bring to the food industry. International Journal of Food Design. Vol 1(2), 103-134.

Fadillah, S. N., Massyittah, Nurhanifah, S., Majid, H. A. M. A., Hairunnisa, Zuratulraha., & Kamal, M. S. 2015. The Influence of Service Quality and Food Quality Towards Customer Fulfillment and Revisit Intention. Canadian Social Science. Vol 11(8), 110-116.

Campo, R. & Baldassarre, F. 2017. The Effects of Food Aesthetics On Consumers Visual Stimuli and Food Marketing. DIEM: Dubrovnik International Economic Meeting. Vol 3(1), 553-565.

Jordan, P. W. 2002. Designing pleasurable products: An introduction to the new human factors. London: Taylor & Francis.

Damayanti, K. A., Ariningsih, P. K., Wimantika, D. A, Yogasara, T., & Theopilus, Y. 2018. Pemetaan Kemasan Produk UMKM. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS). Vol 3, In Press.

Permadi, D. T., Susatyo, N. W. P., & Pujotomo, D. 2017. Analisis Keterkaitan Atribut Kemasan Teh Siap Saji dan Etnik terhadap Kepuasan Konsumen. Industrial Engineering Online Journal. Vol 6(1), 1-9.

Hanifawati, T., Suryantini, A., & Mulyo, J. H. 2017. Pengaruh Atribut Kemasan Makanan dan Karakteristik Konsumen terhadap Pembelian. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Vol 6(1), 73-86.

Theopilus, Y., Yogasara, T., & Octavia, J. R. 2018. Persuasive-Universal Design Model for Creating User Experience in Product to Solve Behavior Problems. AIP (American Institute of Physics) Conference Proceedings. Vol 1977, 1-7.

Roto, V., Obrist, M., & Väänänen, K. 2009. User Experience Evaluation Methods in Academic and Industrial Contexts. Proceedings of the Workshop UXEM. Vol 9, 1-5.

Buchenau, M. & Suri, J. F. 2000. Experience Prototyping. Proceedings of the 3rd conference on Designing interactive systems: processes, practices, methods, and techniques. Vol 3, 424-433.

Staiano, J., Menendez, M., Battocchi, A., & Sebe, N. 2012. UX-Mate: From facial expressions to UX evaluation. Proceedings of the Designing Interactive Systems Conference. Vol 1, 741-750.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614/j.ergo.2018.3.2.2

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.