Redesain Fasilitas Tangga Sebagai Evaluasi Ergonomi dengan Kerangka Ideas dan Analisis Posture Evaluation Index pada Objek Wisata Muria Kudus

Heru Prastawa, Manik Mahachandra, Ratna Purwaningsih, Eko Satriyo

Sari


Tangga, sebagai bagian bangunan yang menghubungkan antar ruangan, sebenarnya sudah dilengkapi dengan standar SNI dalam panduan perancangannya. Namun dalam aplikasinya, masih ada rancangan tangga yang kurang ergonomis dan menimbulkan potensi bahaya, seperti pada lokasi objek wisata Muria Kudus. Jalur pendakian ini memiliki kurang lebih 400 anak tangga, dengan jarak sekitar satu kilometer. Studi ini dilakukan sebagai upaya evaluasi ergonomi pada kondisi tersebut. Berdasarkan hasil kuesioner pendahuluan yang disebarkan pada 30 orang wisatawan dan analisis Posture Evaluation Index (PEI), diketahui bahwa rancangan tangga menyebabkan wisatawan mengalami tekanan berlebih pada otot skeletal yang meliputi punggung, pinggang, dan otot-otot bagian bawah. Penelitian kemudian dilanjutkan dengan simulasi dan Task Analysis Toolkit (TAT) pada Virtual Environment postur aktual dengan perangkat lunak Jack 8.2. Lalu diaplikasikan empat macam konfigurasi desain tangga usulan dengan kombinasi ketinggian pegangan tangan dan ketinggian anak tangga, sesuai SNI 03-1746-2000. Berdasarkan perhitungan ulang nilai PEI dan analisis TAT pada kondisi perbaikan disimpulkan bahwa konfigurasi 10-96 merupakan yang terbaik. Dengan mengaplikasikan solusi praktis ini, maka potensi cedera otot-rangka pada wisatawan yang berkunjung di objek wisata Muria Kudus dapat diminalisir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bridger, R. (2003). Introduction to Ergonomics, Edisi ke-2. New York: Taylor & Francis.

Wignjosoebroto, S. (2003). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Jakarta: Guna Widya.

Sutalaksana, I.Z., Anggawisastra, R., & Tjakraatmadja, J.H., 2012. Teknik Perancangan Sistem Kerja, Edisi ke-2. Bandung: Penerbit ITB.

Tegar (2013). Digital Human Modelling (DHM) to Improve Human Performance and Reduce Musculoskeletal Disorder (MSD) Risk. Jakarta: Ergonomic Centre.

Blanchonette, P. (2010). Jack Human Modelling Tool: A Review. Australian: Air Operations Division.

SNI. (2000). Tata Cara Perencanaan dan Pemasangan Sarana Jalan Ke Luar Untuk Penyelamatan Terhadap Bahaya Kebakaran Pada Bangunan Gedung. Jakarta.

Adam, F. (2015). Evaluasi Postur Kerja yang Ergonomis Pada Operator Jahit Dalam Virtual Environment. Tugas Akhir (tidak dipublikasikan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kalawsky, R. S. (1993). The Science of Virtual Reality and Virtual Environments. Cambridge: Addison-Wesley Publishing Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614/j.ergo.2018.3.2.3

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.