Pengaruh Implementasi Metode Safety Talk dan Check pada Petani Hortikultura di Desa Sumber Mufakat Kabupaten Karo

Eka Lestari Mahyuni, Ida Yustina, Etty Sudaryati

Sari


Petani hortikultura merupakan petani yang menggunakan pestisida dalam jumlah dan frekuensi yang tinggi sesuai dengan pola tanaman yang diproduksi. Dalam penggunaannya, petani hortikultura di desa Sumber Mufakat tidak menggunakan pelindung diri sehingga kontak langsung ataupun paparan lingkungan kerap terjadi selama menggunakan pestisida. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi metode safety talk dan check pada petani sebagai satu langkah preventif dalam menciptakan pola penggunaan pestisida yang aman dan sehat. Penelitian ini merupakan penelitian survey intervensi dengan menggunakan metode gabungan. Desain kualitatif menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan secara kuantitatif menggunakan quasi eksperimen. Partisipan diambil dari 9 kelompok tani sebanyak 35 orang dan mengimplementasikan pada 100 petani di desa Sumber Mufakat. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan wawancara subjektif pada petani menunjukkan bahwa pelaksanaan metode safety talk dapat dilaksanakan secara menyeluruh namun kendala yang dihadapi adalah rasa ketidakpedulian masyarakat dan faktor lupa yang sering menjadi alasan. Safety talk memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan awareness masyarakat (p-value=0,0001; OR=3,958). Penerapan metode check dapat dilakukan dengan baik, namun petani masih merasa belum memahami dengan jelas gejala yang dirasakan. Variabel yang berpengaruh penerapan check adalah tingkat pengetahuan (p-value = 0,032; OR=2,11). Berdasarkan hasil penelitian, metode safety talk dan check dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan didukung adanya informasi-informasi yang terkait secara terus menerus dan dukungan dari instansi pemerintahan. Direkomendasikan metode safety talk dan check dapat dijadikan satu kebijakan kesehatan dan disosialisasikan secara komprehensif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 1970.

Tarwaka. 2015. Keselamatan dan Kesehatan Kerja, manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Offset Surakarta.

Kurniawidjaja, L. M. 2015. Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja. Jakarta: UI Press.

Budiawan, A. R. 2013. Faktor Risiko Cholinesterase Rendah Pada Petani Bawang Merah. Jurnal Kesehatan Masyarakat KEMAS Volume 8(2) pp: 198-206, Semarang.

Aktar, MD. W et. al. 2009. Impact of Pesticides Use in Agriculture; Their Benefits and Hazards; Interdisciplinary Toxicology Journal, Vol 2 (1); 1-12.

Alavanja, M. CR, Hoppin, Jane, A, Kamel, Freya. 2009. Health effects of Chronic Pesticide Exposure; Cancer and Neurotoxicity Annual Review of Public Health, Volume 25; pp 155-97.

Mahyuni, E. L. 2015. Faktor Risiko Dalam penggunaan Pestisida Terhadap Keluhan Kesehatan Pada Petani di Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo 2014, Jurnal KESMAS, Volume 9, No. 1 pp 79-89.

Mahyuni, E. L. 2016. Metode Penanggulangan Keracunan Pestisida di Desa Sumber Mufakat Kabanjahe Kabupaten Karo, Laporan Penelitian.

Pratiknya, A. W. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Faziah, E. G. Pengaruh Penggunaan Alat Pelindung Diri dengan Aktivitas Cholinesterase pada Teknisi Perusahaan Pest Control di DKI Jakarta tahun 2002. Diakses di http://lib.ui.ac.id/opac/themes/green/detail.jsp?id=73533&lokasi=lokal.

Samara, Diana, Bastaman, B, Jofizal, J. Duduk statis sebagai Faktor Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah pada Pekerja Perempuan. Universa Medicina, Vol 24, Nomor 2, April-Juni 2005.

Pandit, G. S. 2006. Resiko pemakaian pestisida pada pertanian terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Lingkungan & Pembangunan Wicaksana No. 15.

Quijano, R dan Sarojeni V. R. 1999. Pestisida Berbahaya Bagi Kesehatan. Yayasan Duta Awan, Pesticide Action Network Asia and the Pasific, ISBN: 983-9381-11-3. Series : 983-9381-09-1.

Yuantari, MG. C. 2012. Analisis Pola Petani Dalam Aplikasi Pestisida dan Dampaknya Bagi Kesehatan (Studi Kasus pada Petani Melon di Grobogan). Makalah Prosiding Seminar Nasional Rumusan Strategi Kesehatan dan Pertanian Dalam Percepatan Pengentasan Kemiskinan Menuju Tercapainya Target MDGs 2015, Politeknik Banjarnegara.

Yuantari, MG. C. Budi, W, Henna R. S. 2013. Tingkat Pengetahuan Petani dalam Menggunakan Pestisida (Studi Kasus di Desa curut Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobongan). Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614/j.ergo.2018.3.2.4

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.