Telaah Manajemen Risiko pada FSRU X di Indonesia Berdasarkan Standar Bureau Veritas NR 645
Abstract
Analisis keselamatan dilakukan pada sistem regasifikasi LNG salah satu FSRU di Indonesia untuk menentukan konformitasnya terhadap standar NR 645. Teknik HAZOP digunakan untuk menemukan 161 kemungkinan deviasi pada sistem tersebut. Frekuensi deviasi dihitung menggunakan data dari OREDA dan konsekuensi deviasi dihitung berdasarkan API RBI 581. Diperoleh tingkat risiko FSRU tersebut adalah medium hingga medium high. Ditelaah juga konformitas sistem CAMS serta ESD FSRU tersebut terhadap standar NR 645 dan diberikan beberapa rekomendasi untuk mengelola risiko yang ada.References
B. Sun, K. Guo, LNG accident dynamic simulation: application for hazardous consequence reduction, J. Loss Prev. Process. Ind., 26 (6) (2013), 1246-1256.
Bureau Veritas. 2017. Index on Application Risk Analysis for Marine and Offshore Guidance Note NI635 DT R00 E. France. Bureau Veritas.
Bureau Veritas. 2017. Rules for the Classification of Floating Storage Regasification Units rule note NR645. France. Bureau Veritas.
Bureau Veritas. 2017. Rules for the Classification of Steel Ships rule note NR467. France. Bureau Veritas.
Martins, M. R., Schleder, A. M., Reliability Analysis of the Regasification System on Board of a FSRU Using Bayesian Networks, Natural Gas – Extraction to End Use. (2012).
Downloads
Published
2020-09-25
Issue
Section
Articles
How to Cite
Telaah Manajemen Risiko pada FSRU X di Indonesia Berdasarkan Standar Bureau Veritas NR 645. (2020). Ergonomi Dan K3, 5(2), 33-45. https://jurnalergonomik3.ti.itb.ac.id/index.php/ergonomik3/article/view/143