Pengembangan Sistem Persuasif pada Smartphone untuk Mengatasi Perilaku Kecanduan Smartphone pada Anak menggunakan Metode Design with Intent (DwI)

Authors

Abstract

Penggunaan smartphone yang multifungsi membuat produk ini diminati oleh hampir semua manusia, tidak terkecuali anak-anak. Pada era digitalisasi yang didukung adanya Pandemi Covid-19, smartphone menjadi penunjang utama anak dalam melakukan aktivitasnya. Namun, banyak orang tua memberikan smartphone tanpa pengawasan tepat, sehingga menimbulkan berbagai dampak negatif pada anak. Salah satu dampak negatif tersebut adalah masalah perilaku kecanduan smartphone yang dapat menimbulkan kelainan psikologis yaitu Nomophobia. Perilaku kecanduan smartphone rentan terjadi pada usia anak karena mereka belum memahami penggunaan smartphone secara bijak tanpa edukasi yang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk mengatasi perilaku kecanduan smartphone pada anak tanpa harus memisahkan anak dari smartphone, karena smartphone tetap dibutuhkan untuk berbagai aktivitas produktif pada era digitalisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem persuasif smartphone untuk mengatasi perilaku kecanduan smartphone pada anak menjadi perilaku penggunaan smartphone yang produktif dan teratur. Penelitian ini menggunakan pendekatan perancangan persuasif berdasarkan model perubahan perilaku (FBM) dan metode Design with Intent (DwI) untuk merancang sistem persuasif. Pengembangan sistem terdiri dari 4 tahapan, yaitu identifikasi perilaku dan kebutuhan sistem, pengembangan teknologi persuasif, perancangan sistem persuasif, dan evaluasi. Penelitian ini menghasilkan rancangan mobile apps persuasif sebagai device management dan education system bagi anak dengan pendampingan orang tuanya. Penelitian ini berkontribusi dalam menghasilkan sistem yang membantu banyak keluarga untuk mencegah dan mengatasi perilaku kecanduan smartphone pada anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini juga dapat diterapkan dalam berbagai pengembangan sistem atau produk untuk mempersuasi masalah perilaku lainnya.

Kata kunci: Aplikasi Selular, Design with Intent, Kecanduan Smartphone, Perilaku, Sistem Persuasif, Teknologi Persuasif

References

Andone, I., B?aszkiewicz, K., Eibes, M., Trendafilov, Montag, C., & Markowetz, A., How Age and Gender Affect Smartphone Usage, Proceeding of UbiComp/ISWC ’16 Adjunct, September 12, Heidelberg, Germany. (2016).

Anshari, M. Alas, Y. & Sulaiman, E., Smartphone addictions and nomophobia among youth, Vulnerable Children and Youth Studies. 14(3) (2019) 242-247.

Brooke, J. SUS: A "quick and dirty" usability scale. In Jordan, P. W., Thomas, B., Weerdmeester, B. A., & McClelland, A. L. (Eds.), Usability Evaluation in Industry. London: Taylor and Francis. (1986).

Ding, D. & Li, J., Smartphone Overuse – A Growing Public Health Issue, Journal of Psychology & Psychotherapy. 7(1) (2017) 1-3.

Dworkin, S. L., Sample Size Policy for Qualitative Studies Using In-Depth Interviews, Archives of Sexual Behavior. 41 (2012) 1319-1320.

Fhadila, K. D., Menyikapi Perubahan Perilaku Remaja, Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 2(2) (2017) 16-23.

Fogg, B.J., Persuasive Technology: Using Computers to Change What We Think and Do. California: Morgan Kaufmann. (2003).

Fogg, B.J., A Behavior Model for Persuasive Design. Proceedings of The 4th International Conference of Persuasive Technology, April 26-29, Claremont, California. (2009).

Gokçearslan, S. Kus, F., Mumcu, K., Has, T., Laman, C., & Çevik, Y.D., Modeling smartphone addiction: The role of smartphone usage, self regulation, general self-efficacy and cyberloafing in university students, Computers in Human Behavior. 63 (2016) 639-649.

GSMA Intelligence. Definite Data and Analysis for The Mobile Industry. London: GSM Association. (2020).

Gutiérrez, J.D., Fonseca, F.R.D., & Rubio, G., Cell-Phone Addiction: A Review, Frontiers in Psychiatry. 7(15) (2016) 1-15.

Ingham, L. Smartphone addiction symptoms found in a quarter of children. London: Verdict. (2019).

Lee, E.J. & Ogbolu, Y., Does parental control work with smartphone addiction?: A cross-sectional study of children in South Korea, Journal of Addictions Nursing. 29(2) (2018) 128-138.

Lockton, D., Harrison, D., & Stanton, N.A. Design with Intent: 101 Patterns for Influencing Behavior Through Design v.1.0. Windsor: Equifine. (2010a).

Lockton, D., Harrison, D., & Stanton, N. A., The Design with Intent Method: A Design Tool for Influencing User Behavior, Applied Ergonomics. 41(3) (2010b) 382-392.

Kemendikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016).

Kim, J. & Haridakis, P.M., The Role of Internet User Characteristics and Motives in Explaining Three Dimensions of Internet Addiction, Journal of Computer-Mediated Communication. 14(4) (2009) 988-1015.

Kim, H.J., Min, J.Y., Min, K.B., Lee, T.J., & Yoo, S., Relationship among family environment, self-control, friendship quality, and adolescents' smartphone addiction in South Korea: Findings from nationwide data, PLoS ONE. 13(2) (2018) e0190896.

Milijic, M. Smartphone Usage Statistics: Around the World in 2020. San Fransisco: Leftronics. (2019).

Park, C. & Park, Y.R., The Conceptual Model on Smartphone Addiction among Early Childhood, International Journal of Social Science and Humanity. 4(2) (2014) 147-150.

Rubin, J. & Chisnell, D. Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests, 2nd Ed. Indiana: Wiley Publishing. (2008).

Simsomsack, N. & Kulachai, W., A study on the impacts of Smartphone addiction. Proceeding of 15th International Symposium on Management 2018, Maret, Chonburi, Thailand. (2018).

Sohn, S., Rees, P., Wildridge, B., Kalk, N.J., & Carter, B, Prevalence of problematic smartphone usage and associated mental health outcomes amongst children and young people: a systematic review, meta-analysis and GRADE of the evidence, BMC Psychiatry. 19 (2019) 1-10.

Thomas, R. J., Masthoff, J., & Oren, N., Can I Influence You? Development of a Scale to Measure Perceived Persuasiveness and Two Studies Showing the Use of the Scale, Frontiers in Artificial Intelligence. 2 (2019) 1-14.

Ulrich, K. T. & Eppinger, S. D. Product Design and Development, 6th Ed. New York: McGraw Hill. (2015).

UNICEF. Child development. New York: UNICEF. (2011).

Yildirim, C. & Correia, A.P., Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire, Computers in Human Behavior. 49 (2015) 130-137.

Published

2022-05-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Sistem Persuasif pada Smartphone untuk Mengatasi Perilaku Kecanduan Smartphone pada Anak menggunakan Metode Design with Intent (DwI). (2022). Ergonomi Dan K3, 7(1). https://jurnalergonomik3.ti.itb.ac.id/index.php/ergonomik3/article/view/183