Evaluasi Usability pada Learning Management System Berbasis Smartphone

Penulis

  • Raisa Adila
  • Danu Hadi Syaifullah Teknik Industri Universitas Indonesia
  • Asa Ibnu Hazmy

DOI:

https://doi.org/10.5614/j.ergo.2018.3.2.1

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin besar dan pemakaian smartphone yang meningkat saat ini menjadi peluang bagi organisasi untuk dimanfaatkan dalam dunia pembelajaran. Learning Management System hadir untuk membantu guru dan murid dapat berinteraksi secara real-time dan kebanyakan LMS berbentuk website. Evaluasi usability LMS berbasis smartphone dibutuhkan agar pengguna dapat menggunakan dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan evaluasi usability LMS berbasis smartphone dengan kriteria efisiensi, efektivitas, satisfaction, dan eror sehingga diketahui faktor apa saja yang harus diperbaiki. Evaluasi dilakukan dengan memberikan skenario task sesuai dengan fitur yang ada di LMS Ruangguru, Quipper, dan Zenius. Metode yang digunakan meliputi performance measurement, Single Ease Question (SEQ), kuesioner System Usability Scale (SUS), dan Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, Zenius dan Ruangguru mempunyai nilai akhir SUS dan PSSUQ yang lebih tinggi dari Quipper. Pada kriteria efisiensi, responden lebih cepat menyelesaikan task dengan Zenius daripada Ruangguru dan Quipper. Tingkat kesuksesan Ruangguru dan Zenius lebih tinggi dari Quipper. Nilai lostness dan eror yang dihasilkan di Zenius lebih kecil daripada Ruangguru dan Quipper. Hasil penelitian ini adalah evaluasi dan komparasi usability yang dapat digunakan sebagai acuan perbaikan di masa yang akan datang

Referensi

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Infografis Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia: Survey 2017. https://apjii.or.id/survei2017 [Diakses pada tanggal 26 Februari 2018].

Albarrak, A.I., Aboalsamh, H.A., Abouzahra, M. (2010). Evaluating Learning Management Systems For University Medical Education. In: IEEE International Conference on Education and Management Technology (ICEMT 2010), Cairo: Egypt, 2–4 November 2010.

Mentes, S. A., & Turan, A. H. (2012). Assessing The Usability Of University Wesites: An Empirical Study On Namik Kemal University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 11(3), 61-69.

Ferre, X. (2005). Integration Framework Usability In The Software Development Process. Universidad Politecnica de Madrid. Madrid: UPM. Retrieved from http://oa.upm.es/440/1/XAVIER_FERRE_GRAU.PDF.

Rodríguez, G., Perez, J., Cueva S., & Torres, R. (2017). A Framework For Improving Web Accessibility And Usability Of Open Course Ware Sites. Computers & Education 109 (2017) 197-21. http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2017.02.013 .

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. [online] Nielsen Norman Group. Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ [Diakses pada tanggal 23 Januari 2018].

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean – Adding Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 114-123.

Unduhan

Diterbitkan

2019-01-13

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Evaluasi Usability pada Learning Management System Berbasis Smartphone. (2019). Jurnal Ergonomi Dan K3, 3(2), 1-8. https://doi.org/10.5614/j.ergo.2018.3.2.1